Fungsi dari bagian-bagian workspace yaitu :
· Stage :
· Stage :
halaman kerja pada flash. Stage merupakan tempat untuk elemen-elemen grafik yang
membuat suatu movie. Stage sering di sebut kanvas di gunakan sebagai objek pembuatan
animasi. Segala Pemikiran tentang pembentukan animasi maupun gembar di buat
pada bidang ini.
Panel
yang digunakan untuk menampilkan objek-objek yang dibuat. Timeline : digunakan
untuk mengatur frame, layer dan durasi animasi.
Panel yang digunakan untuk menampilkan informasi.
Di bawah ini adalah isi dari tiap-tiap bagian
Tools Panel beserta fungsinya :
Toolbar
merupakan panel berisi berbagai macam tool. Tool-tool tersebut dikelompokkan
menjadi empat kelompok:
·
Tools Area :
berisi tombol-tombol untuk membuat dan mengedit gambar,.
·
View Area :
untuk mengatur tampilan lembar kerja.
·
Colors Area : menentukan
warna yang dipakai saat mengedit.
·
Option Area : alat
bantu lain untuk mengedit gambar.
·
- Single keyframe dan frame
Yaitu
sebuah metode untuk menampilkan atau memasukkan frame secara satu persatu
(press
f5 / f6)
- Motion tweened frame
Biasanya
sering dipakai pada frame objek agar yang awalnya menjadi otomatis terkunci.
- Shape tweened frame
Di
gunakan pada frame warna / untuk merubah bentuk objek.
- Labeled frame
fungsinya sebagai identitas frame tersebut.
- Scripted frame
Kode
dalam flash yang di gunakan untuk menjalankan animasi.
Jenis-jenis teks pada adobe flash :
·
Static Text adalah jenis teks yang
tidak dapat diubah secara dinamis. Tulisan yang tertera pada static text tidak akan
berubah selama Movie dijalankan.
·
Dynamic Text adalah jenis teks yang
dapat diubah secara dinamis. Tulisan yang tertera pada Dynamic Text dapat
berubah selama movie dijalankan. Contoh Dynamic
Text adalah jam digital, skor pertandingan,
urutan antrian , dan lain- lain.
·
Input Text adalah jenis teks berupa
kotak isian, dan pemakai dapat memasukkan input didalamnya. Input text biasa
digunakan dalam form aplikasi.
Breaking Text Apart :
Berfungsi untuk memisahkan masing-masing karakter huruf-huruf.
Cara nya dengan press CTRL + B.
Linking Text :
Sebuah teks yang akan di jadikan menjadi sebuah LINK. Agar bisa terhubung ke internet.
Cara nya dengan meng klik halaman yang di tuju kemudian klik tanda LINK dan isi alamat URL yang ingin dituju.
Bitmap :
Biasanya di sebut dengan raster graphic. Contoh gambar nya yaitu dari gambar pada desktrop wallpaper dan foto-foto dalam situs web. Gambar bitmap tersusun dari titik-titik (pixel) yang jumlahnya ribuan. Maka, bila diperbesar maka titik-titik nya akan terlihat jelas.
Vektor:
Memiliki sifat yang berlawanan dari bitmap. Yaitu seberapapun gambarnya di perbesar dan gambar tersebut akan terlihat utuh atau tidak pecah. Hal ini karena file yang berisi gambar vektor cuma menangkap bagian yang membentuk gambar tadi dan bukan menangkap gambar keseluruhan.
Perbedaan Motion Tween dan Shape Tween yaitu:
- Motion tween adalah perpindahan posisi atau gerakan (Motion Tweening).
- Sedangkan Shape Tween adalah perubahan bentuk (Shape Tweening).
Fungsi tipe simbol
berikut:
·
Tipe Simbol Graphic :
objek yang digunakan untuk objek yang tidak beranimasi misalnya background.
·
Tipe symbol Movie Clip:
simbol yang di gunakan pada objek animasi.
·
Tipe Simbol Button:
simbol yang membuat tombol yang bersifat diam/mute.
simbol yang terdapat dalam tween.
format Publising pada Flash
Movie :
- · Flash *.swf:File yang terbentuk apabila anda melakukan test movie serta merupakan file projek yang menampilkan animasi yang ukurannya lebih kecil dari animasi 2D lain.
- · Html *.html:Digunakan untuk membuat sebuah aplikasi yang bisa di akses melalui web.
- · Windows Projektor *.exe:Sebuah jasa untuk meng-export animasi menjadi video. Juga dapat di publish menjadi sebuah aplikasi.
Referensi by :
http://ilmucerdas.wordpress.com
http://wikipedia.co.id
ict-tirtamarta.ucoz.com/.../Flash.../4-Modul.
http://chugygogog.blogspot.com
http://chugygogog.blogspot.com
okeei lengkap, tinggal dirapihin yaah..
BalasHapusgood job (=^ェ^=)
Makasih yah teteh ^_^
BalasHapusbukhori orang mana
BalasHapus