Batman Begins - Help Select

12/06/2013

PENGENALAN DAN CHEAT SHEET DALAM VISUAL BASIC 6.0



Salam sejahtera buat kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang Visual Basic. Dalam pribahasa juga mengatakan “Tak kenal maka tak sayang”, dari kalimat tersebut kita sudah dapat mengartikan secara harfiah kan agar dapat lebih memahami VB sebelumnya kita harus lebih mengenal tentang VB serta komponen apa saja yang terdapat di VB ini…

Visual Basic adalah salah satu bahasa pemrograman computer. Bahasa pemrograman adalah perintah-perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Bahasa pemrograman Visual Basic, yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1991, merupakan pengembangan dari pendahulunya yaitu bahasa pemrograman BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code) yang dikembangkan pada era 1950-an. Visual Basic merupakan salah satu Development Tool yaitu alat bantu untuk membuat berbagai macam program komputer, khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows. Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang mendukung object (Object Oriented Programming = OOP).


Penjelasan gambar diatas:

1.      Menu Bar
Pada gambar diatas yaitu menu bar adalah sebuah komponen pada VB yang berfungsi menampilkan pilihan menu atau dapat di aartikan untuk perintah mengoperasikan program Visual Basic. Saat pertama kali jendela program Visual Basic terbuka terdapat tiga belas menu utama, yaitu : File, Edit, View, Project, Format, Debug, Run, Query, Diagram, Tools, Add-Ins, Windows dan Help.

2.        ToolBar
Toolbar merupakan sebuah batang yang berisi batang yang berisi kumpulan tombol yang terletak di bagian menu bar yang dapat digunakan untuk menjalankan suatu perintah. Pada kondisi default Visual Basic hanya menampilkan toolbar standard. Untuk dapat menampilkan toolbar yang lainnya yang dimiliki oleh Visual Basic dapat dilakukan dengan prosedur sbb:
- Klik kanan pada area toolbar dan pilih salah satu nama toolbar dari empat pilihan
   yang ada. Atau dengan cara
- Pilih perintah View– Toolbar dan lanjutkan dengan memilih salah satu dari empar
  pilihan yang ada.

3.      ToolBox
Toolbox merupakan kotak perangkat yang berisi kumpulan tombol objek atau control untuk mengatur desain dari aplikasi yang akan dibuat. Pada kondisi default, toolbox menampilkan tabulasi General dengan 21 tombol kontrol yang dapat ditampilkan dengan menggunakan prosedur.Bila Toolbox tidak muncul klik tombol Toolbox pada bagian Toolbar atau klikmenu View - Toolbox. Untuk menjelaskan tentang fungsi masing-masing kontrol, perhatikan tabel berikut :


1.4.   Form Windows
Form Windows adalah jendela desain dari program aplikasi. Dengan menggunakan form  windows berfungsi untuk mendesain atau tempat mendesain program aplikasi dengan menempatkan kontrol-kontrol yang ada di bagian toolbox pada area form. Untuk menampilkan jendela form, kita dapat meng klik tombol view yang terdapat pada bagian Project Explorer atau klik menu View > object.

2  5. Code Windows
Code Windows merupakan sebuah jendela yang digunakan untuk menuliskan kode program dari kontrol yang kita pasang pada jendela form dengan cara memilih terlebih dahulukontrol tersebut pada kotak objek. Bila Jendela Code tidak muncul klik tombol View Code ( ) di pada bagian Project Explorer atau klik menu View > Code.

3 6. Project Explorer
Project Explorer merupakan suatu kumpulan module atau merupakan program aplikasi itu sendiri. Dalam Visual Basic, file project disimpan dengan nama file berakhiran .VBP, dimana file ini berfungsi untuk menyimpan seluruh komponen program. Apabila kita membuat suatu program aplikasi baru, maka secara otomatis project tersebut akan diisi dengan objek Form1. Dalam jendela Project Exproler ditempilkan suatu struktur hirarki dari sebuah project itu sendiri yang berisi semua item yang terkandung di dalamnya. Bila Project Explorer tidak muncul klik tombol Project Explorer ( ) pada bagian Toolbar atau klik menu View > Project Explorer.

4.7. Jendela Properties
Jendela Properties merupakan sebuah jendela yang digunakan untuk menampung nama properti dari kontrol yang dipilih. Pengaturan properti pada program Visual Basic merupakan hal yang sangat penting untuk membedakan objek yang satu dengan yang lainnya. Pada jendela properti ditampilkan jenis dan nama objek yang kita pilih urut berdasarkan abjad pada tab Alphabetic atau berdasarkan katagori pada tab Catagorized. Bila Jendela Properties tidak muncul klik tombol Properties Window ( ) pada bagian Toolbar atau klik menu View > Properties Window.

5.8. Project Form
Project Form yaitu sebuah form atau menurut saya dapat di artikan sebagai tempat menaruh form dari proyek atau pekerjaan yang akan kita buat, biasanya project form tampil ketika kita telah membuka VB dan memilih projek yang akan kita kerjakan dan kemudian tampilah tampilan Project form dan di atasnya terdapat form dari proyek kita yang masih kosong.
Dibawah ini adalah sedikit penjelasan untuk membuat project, membuka, menyimpan, menambah maupun mengahapus:
Membuat Project Baru
1. Klik menu File
2. New Project
3. Standart EXE
4. Open
Membuka Project
1. Klik menu File
2. Open Project
3. Pilih project di direktori tertentu
4. Open
Menyimpan Project
1. Klik menu File
2. Pilih Save Project
3. Tentukan direktori
4. Tulis nama project
5. Klik Save
Menyimpan project dengan nama yang berbeda
1. Klik menu File
2. Pilih Save Project As
3. Tentukan direktori
4. Tulis Nama Project
5. Enter
Menambah Form
1. Klik menu Project
2. Add Form
3. Open
4. atau klik pada ikon Add Form
Menghapus Form
1. Klik kanan form yang akan dihapus (di project window)
2. Pilih remove form

Dibawah ini adalah sedikit penjelasan tentang Cheat Sheet :





 


Mungkin itu saja sih penjelasan dan penjabaran sedikit tentang Visual Basic beserta Cheat Sheet nya, Semoga dapat membantu teman-teman untuk lebih memahami Visual Basic dan dapat mengaplikasikan nya dengan lebih baik. Thanks. 
Maaf jika terdapat kesalahan, karena saya hanyalah hamba Nya yang tak luput dari salah.


REFERENSI :
http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=110742‎.
 




0 komentar :

Posting Komentar